Powered By Blogger

Selasa, 13 April 2010

Bionicle: The Legend Reborn; Suatu Gabungan Avatar dan Transformers?


Bagi anda yang hobi dengan toy collection, anda pasti sudah tak asing lagi dengan mainan Bionicle. Namun, saya yakin banyak orang yang tidak terlalu mengenal Bionicle. Baiklah, untuk mengawali resensi film saya kali ini, saya akan sedikit menjelaskan apa itu Bionicle. Produk mainan ini mulai diperkenalkan oleh Lego pada awal tahun 2001. Bionicle mempunyai alur cerita kurang lebih mengenai kisah sekelompok prajurit Toa yang tinggal di pulau Mata Nui. Mereka berusaha memertahankan pulau mereka dari serangan Makuta dan kelompoknya. Kurang lebih, begitulah kisah Bionicle berawal.

Nah, di film terbaru dari Bionicle ini, Mata Nui, pulau yang dihuni oleh para Matoran yang berasal dari Aqua Magna tersebut telah diambil alih oleh Makuta Teridax, salah satu kekuatan jahat tersebut yang rupanya merupakan saudaranya Mata Nui. Karena peristiwa ini, spirit dari Mata Nui pun melakukan perjalanan menuju Bara Magna untuk mencari bala bantuan. Disanalah, ia bertemu banyak teman sekaligus musuh. Ketika mengetahui bahwa Glatorian, penduduk Bara Magna tengah menghadapi ancaman dari segerombolan Bone Hunters dan Skrall, ia pun bersedia untuk membantu mengusir kelompok tersebut. Ia pun bertemu dengan Ackar; salah satu Glatorian dari desa Agori, Kiina yang berasal dari desa Tajun, Gresh; Glatorian pemula dari desa Tesara, dan Berix; seorang kolektor yang justru disebut-sebut oleh Kiina sebagai pencuri. Setelah pertemuan tersebut, mereka menuju desa Tesara untuk memeringatkan warganya supaya berhati-hati dengan serangan Skrall yang telah berkomplot dengan para Bone Hunters. Namun, ditengah upaya meyakinkan para penduduk desa tersebut, muncul kabar bahwa Kiina dan Berix telah diculik oleh para Bone Hunters. Merasa terpanggil, Mata Nui pun berupaya menolong mereka sekaligus mengalahkan gerombolan Skrall dan Bone Hunters. Tak disangkanya, ia pun bertemu dengan kawan yang rupanya merupakan seorang pengkhianat yang menyebarkan informasi tentang rencananya kepada para Bone Hunters. Siapakah dia? Mengapa ia tega melakukan hal tersebut? Mampukah kelompok ini mengalahkan Skrall dan Bone Hunters? Rasa penasaran terhadap kisah Glatorian ini dapat anda saksikan dalam film yang berdurasi 1 jam 17 menit ini. Banyak sekali kejutan yang akan anda temui.

Sekarang mari kita kemballi ke benang merah dari judul di atas. Kesan pertama yang saya tangkap dari suasana film ini dari awal hingga akhir adalah...AVATAR dan TRANSFORMERS! Unsur-unsur yang bisa dibilang sebagai penggabungan kedua film tersebut adalah:

- Mata Nui: Tokoh ini benar-benar merepresentasikan Jake Sully dan Optimus Prime. Gaya intonasi berbicara, sikapnya ketika menghadapi orang lain, dan semangat menjaga "TRUE WARRIOR" dalam dirinya mirip dengan pemimpin Autobot tersebut. Ia berasal dari dunia lain (bukan alam gaib!), berusaha meyakinkan seluruh Glatorian untuk menghadapi serangan kelompok jahat. Jake Sully, anyone? Memang, pada awal-awal kedatangannya di Bara Magna ia cukup disambut dengan tangan terbuka, tak seperti Jake yang sempat diusir oleh Neytiri. Satu hal lagi yang menyamakan kedua karakter tersebut. Mereka disambut oleh segerombolan makhluk buas sebelum akhirnya mendapatkan bala bantuan. Jake dibantu oleh Neytiri, sedangkan Mata Nui mendapat kawan baru berupa kumbang scarab yang dapat berubah menjadi sebuah perisai.

-Bentukan karakter: Saya baru menyadari hal ini ketika menyaksikan film ini kemarin. Kalau anda perhatikan, ternyata karakter-karakter dalam Bionicle ini cukup mirip dengan kelompok-kelompok dalam film layar lebar live-action-nya Transformers. Untuk hal ini, saya tak dapat berkata-kata lebih banyak. Supaya dapat mengetahuinya, sebaiknya anda coba browsing beberapa gambar Bionicle dan cobalah bandingkan!

Sejauh ini, hanya dua poin tersebut yang saya ketahui. Masih banyak lagi hal yang sebenarnya mirip, namun belum tertangkap oleh mata saya. Oleh karenanya, saya akan mencari tahu lagi. Atau mungkin, teman-teman pernah melihat film ini dan tahu apa saja persamaannya? Silakan saja share di sini....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar