Powered By Blogger

Selasa, 13 April 2010

Auto GP dan BOSS GP: Dua Balapan Unik Baru



Berapakah jumlah even balapan open wheels yang ada di dunia ini? Ya...pasti banyak sekali! Kalau anda bingung dengan istilah open wheels, ini adalah istilah mobil yang mempunyai bentuk mirip pesawat dan keempat rodanya tidak memiliki pelindung (open wheels). Untuk memperjelas, contoh balapan macam ini adalah Formula 1, F3, GP2, atau mungkin A1GP yang kini nasibnya tidak jelas. Balapan tipe open wheels ini bisa dibilang merupakan impian besar tiap pembalap mobil yang ada di dunia ini. Rata-rata, mereka yang ingin serius dalam balapan open wheels memulai karir dari ajang gokart, lalu naik ke jenjang yang lebih tinggi semisal F3 regional ataupun Formula Manufacturer (misal Formula BMW maupun World Series by Nissan dan Renault) sebelum naik ke GP3, GP2, dan test driver F1.

Kemarin saya sempat melirik facebook teman saya Gold. Dalam profilnya, ia menuliskan beberapa ajang balapan baru yang berbasis mobil open wheels. Mereka adalah Boss GP dan Auto GP. Mungkin anda masih kurang tahu dengan kedua ajang baru tersebut karena kedua balapan tersebut baru akan memulai debut balapannya bulan depan. Ya....sembari menunggu bergulirnya musim perdana dan menambah wawasan anda tentang balapan ini, akan saya cuplikan sedikit seperti apa kedua balapan tersebut langsung dari situs resmi http://www.autogp.org/en/ dan http://www.bossgp.com/.

Auto GP adalah balapan open wheels yang berbasis di Eropa dimana para tim rata-rata berasal dari Italia. Balapan ini mengklaim dirinya sebagai balapan dengan hadiah terbesar dalam sejarah balapan Eropa. Adapun hadiah yang dibagikan untuk keenam pembalap yang finish terdepan adalah: 80.000 Euro, 50.000 Euro, 30.000 Euro, 15.000 Euro (posisi 4 dan 5) serta 10.000 Euro untuk posisi ke enam. Selain hadiah yang besar, keunikan lain dari balapan ini adalah setiap pembalap diharuskan hanya mengeluarkan dana maksimal 380.000 Euro untuk satu musim. Pembalap bisa memaksimalkan dana yang minim tersebut untuk menghasilkan sebuah mobil yang cepat. Untuk segi teknis, semua mobil akan seragam. Adapun spesifikasi mobilnya adalah(taken from: http://www.autogp.org/en/page.php?cat=regulations)

The Auto GP car: the Lola B05/52, powered by a 550 bhp V8, 3.4 litres engine.

Chassis: carbon fibre and aluminium honeycomb
Wheelbase: 3.000 mm (118.1 inches)
Weight: 695 Kg (driver included)
Suspension: double wishbone with push-rod
Dampers: Ohlins TT44 3-Way, adjustable
Engine: V8 –3.400 cc – 550CV
Gearbox: Xtrac, Electronic, six gears
Brakes: AP callipers with four pistons, steel discs

Untuk sekedar informasi, mobil tersebut adalah mobil A1GP sebelum menggunakan basis mobil F1 Ferrari.

Pernahkah anda membayangkan berbagai macam mobil dari kejuaraan berbeda berkumpul di sirkuit dan saling berebut posisi terdepan? BOSS GP akan menjawab semua itu. BOSS yang merupakan singkatan Big Open Single Seater adalah balapan open wheels yang menggunakan basis mobil bekas berbagai macam kejuaraan open wheels di dunia. Adapun kejuaraan-kejuaraan tersebut adalah F1, Champ Car, Indy Car, World Series By Nissan and Renault, dan F3000. Ada dua kelas yang dipertandingkan. Kelas terbuka memertandingkan mobil F1 (tahun 1990-2005), Indy, dan Champcar. Sedangkan untuk kelas master memertandingkan mobil F1, Indy dan Champcar (sampai tahun 1990) dengan F3000 dan World Series by Nissan dan Renault. Banyaknya jenis mobil yang bertanding ini jelas akan menjadi sebuah barometer mobil dari kejuaraan mana yang terbaik.

Kedua ajang yang akan memulai debutnya mulai bulan depan ini mungkin bisa menjadi alternatif bagi anda yang sudah agak bosan dengan kegaringan balapan F1. Namun, sayang seribu sayang, tidak ada tanda-tanda kedua kejuaraan ini akan ditayangkan di stasiun TV kita mengingat rating yang masih belum jelas. Biasanya, solusi terakhir dari hal ini adalah Youtube. Ok, inilah alternatif tontonan balap bagi anda yang mengaku penyuka balap, terutama balap mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar