Powered By Blogger

Minggu, 06 Februari 2011

Apple's Hanheld: Penghancur PSP dan NDS?

Kamu-kamu sekalian pasti udah gak asing dengan demam produk Apple, terutama I-Phone I-Pad, dan MacBook. Hampir semua bidang pekerjaan kini tengah gencar-gencarnya mengganti piranti-piranti mereka dengan berbagai produk Apple. Kamu yang doyan liat berita, talkshow, bahkan ceramah agama, coba perhatikan piranti yang mereka pegang. OMG! Apple again! Ya...bisa dibilang Apple melakukan sebuah revolusi besar-besaran terhadap mindset masyarakat yang selama ini berkecenderungan piranti bagus pastilah yang berukuran besar. Tidak hanya dalam bidang pekerjaan saja, ternyata melalui I Phone, Apple cukup mampu menyaingi Sony dan Nintendo dalam hal persaingan game konsol hanheld. Padahal, I phone bukanlah piranti yang dikhususkan untuk konsol hanheld. Heran? Tapi inilah faktanya.

1. Beberapa game yang dibuat untuk next gen console, seperti Dead Rising, Dead Space, serta Battlefield juga ikut "ditranslasikan" untuk I phone. NDS? Beberapa game masih berbaik hati "singgah" seperti Call of Duty: Black Ops, 007: Bloodstone, bahkan upcoming game seperti Ghost Recon Future Soldier pun juga akan di-port ke konsol dua layar ini. PSP? sayangnya sangat minim. Padahal PSP mempunyai kemampuan yang bisa dibilang setara dengan I Phone.
2. Tidak seperti kebanyakan game Handphone maupun NDS yang mengalami penurunan kualitas grafis dan gameplay besar-besaran, game-game I phone tetap memiliki kualitas yang setara dengan yang ada di PS3, Xbox 360, maupun PC. Bahkan, gameplaynya memiliki keunikan tersendiri berkat adanya fitur touchscreen.

Namun sayang, game-game dari I Phone tersebut cenderung hanya ditujukan bagi mereka yang berada pada kondisi ekonomi menengah ke atas. Secara harga I phone masih belum terjangkau bagi banyak kalangan, saat ini PSP dan NDS masih bisa bernafas lega. Namun, bukan tidak mungkin suatu saat nanti I Phone akan menguasai pasar konsol hanheld gaming, layaknya Nokia dengan N-Gage nya dulu.

1 komentar:

  1. apple masih eksklusif, celah itulah yang bisa dipake oleh handheld lain.

    BalasHapus